Rabu, 14 November 2012

PRESIDEN CHINA RESMI MUNDUR DARI PARTAI KOMUNIS

Presiden China Hu Jintao secara resmi menyerahkan kekuasaannya sebagai Sekretaris Jendral Partai Komunis (PKC). Wakilnya, Xi Jinping langsung menerima tongkat estafet kepemimpinan PKC.

Delegasi di Kongres Nasional PKC mengatakan, Hu tidak akan terpilih lagi sebagai Komite Pusat PKC, usai kongres tertutup itu berakhir. Xi bersama kandidat-kandidat terpilih lainnya akan maju dan memimpin Komite Politbiro. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Rabu (14/11/2012).

Seperti diketahui, lima tahun yang lalu, Xi sudah ditatar untuk menjadi pengganti Hu sebagai Sekjen PKC. Pada Maret mendatang, Hu akan menyerahkan kekuasaannya sebagai Presiden China ke Xi. Bersamaan dengan itu, Perdana Menteri Wen Jiabao juga akan menyerahkan jabatannya ke Li Keqiang.

Pemerintah China yang baru akan dihadapi dengan sejumlah tantangan, termasuk di antaranya adalah mengatur perekonomian. China pun harus memusatkan perhatiannya pada sektor pertanian, karena belakangan ini, jutaan warga China sudah memutuskan untuk pindah ke kota.

Antara tahun 1982 dan 2010, populasi China meningkat. Namun jumlah warga di desa justru berkurang dari 790 juta ke 710 juta. Jutaan hektare lahan pertanian akan terabaikan karena banyaknya warga yang meninggalkan sektor pekerjaan itu.

"Para pemuda tidak ingin bekerja sebagai petani dan mereka akan meninggalkan pekerjaan ini untuk pergi melanjutkan studinya di kota," ujar pakar peneliti sektor agrikultur China, Bryan Lohmar. [Louis Koh / Beijing] Sumber: Associated Press

PESAN DARI ADMIN

Mari kita dukung kiriman artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan ke dalam halaman facebook, twitter & googleplus Anda, serta pastikan Anda juga bisa mengirim artikel berita kegiatan / kejadian tentang Tionghoa di kota tempat tinggal Anda atau artikel bermanfaat lainnya ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id