INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 21 Januari 2013

UANG RECEH JADI TABUNGAN

Baru-baru ini, di Bank of Zhengzhou, Kota Zhengzhou Provinsi Henan terlihat beberapa karung uang receh yang hendak ditabung oleh nasabah. Ketika uang receh itu diantar ke bank itu, staf bank itu mengalami kesulitan dalam mengangkat karung uang receh itu, tapi akhirnya berhasil juga dengan bantuan 3 orang satpam. 3 staf bank menggunakan 3 hari untuk menghitung 11 ribu 500 yuan dan diperkirakan semua uang receh itu akan dapat selesai dihitung setengah bulan lagi.

Menurut kepala bank, Li Jizhen, beberapa hari yang lalu seorang nasabah mengantarkan uang receh sebanyak 11 dus dan dua karung, dan uang receh satuan itu terbilang kecil. Ada yang satu sen, dua sen, lima sen dan satu yuan. Jumlah totalnya sekitar 162 ribu yuan. Tinggi dus itu juga sekitar 3 meter dan setiap dus beratnya adalah sekitar 50 kilogram.

Sebelumnya, pemilik uang receh yang bernama Cui itu pernah bertanya ke banyak bank, tapi selalu ditolak karena penghitungannya memang terlalu merepotkan. Ia juga pernah meminta bantuan kepada toko swalayan, tapi toko swalayan hanya mau menukarkan sebagian dan tidak mau menerima semuanya.

Akhirnya ia datang meminta bantuan kepada Bank Of Zhenzhou, dan bank itu menyatakan kesediaan untuk menerima semua uang recehnya tanpa memungut biaya ekstra.

Tuan Cui, pemilik uang receh itu mempunyai sebuah pabrik cetak dan seorang pelanggannya mempunyai pabrik tepung gandum. Ia selalu menjual terigu gandum kepada sejumlah warung mi dan warung bakpau. Tentu saja, lama-kelamaan, banyak uang receh yang akhirnya beralih ke tangannya. Dalam waktu setengah tahun, ia telah mengumpulkan uang koin sebanyak 11 dus dan dua karung yang berjumlah 162 ribu yuan. Uang receh itu sebelumnya ia diamkan terus di kantornya.

Ia mengatakan, setelah uang recehnya itu difoto dan diperlihatkan ke Bank of Zhengzhou, Bank of Zhenzhou akhirnya menerima uang recehnya, tapi karena masih belum ada jumlah pasti atas recehan itu, kini masih sulit untuk menangani prosedur tabungan Tuan Cui itu. [Zhang Li Li / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA