INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 28 Mei 2013

PRIA SAKIT JIWA DIKURUNG DI KANDANG HEWAN 11 TAHUN

Wu Yuanhong (42), seorang pria di China yang mengidap sakit jiwa terpaksa dikurung di dalam sebuah kandang hewan selama 1 dekade lebih, tepatnya 11 tahun. Pihak keluarga melakukan hal ini setelah Wu memukul bocah 13 tahun hingga tewas pada 2001 silam.

"Anakku mungkin saja gila dan memukul seorang bocah. Tapi bagaimanapun juga, dia tetaplah anakku. Mengurung dia di kandang adalah hal yang sangat sulit. Rasanya seperti ditusuk pisau," kata ibu Wu, Wang, dengan nada lirih, seperti dilansir media lokal the Information Daily dalam News.com.au, Senin (27/5/2013).

Wu diketahui mengidap penyakit jiwa menahun Schizophrenia sejak berusia 15 tahun. Kala itu, ia memukul bocah 13 tahun sampai tewas. Pria tak waras ini kemudian dipenjara. Namun tak lama dibebaskan, karena memang tak bisa dihukum atas penyakit yang menderanya.

Wang mengaku memberikan makan kepada Wu 3 kali sehari. Ia menaruh kain di kandang sebagai alas dan panci sebagai tempat untuk buang air.

"Setiap kali saya dipanggilnya (Wu) untuk memberinya makanan, aku duduk di sampingnya dan menangis. Saking seringnya menangis, kini air mataku sampai kering," keluh Wang.

Kehidupan Wu dan ibunya, Wang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Pejabat lokal mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan minyak dan beras untuk biaya hidup Wu.

Jumlah orang sakit jiwa terbilang banyak di China. Namun jumlah perawat khusus bagi mereka sangat minim. Kementerian Kesehatan China menyatakan, hanya ada sekitar 20 ribu psikiater untuk menangani banyaknya penderita sakit jiwa. [Louis Koh / Beijing]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA