INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 11 Desember 2012

SEORANG GADIS TIBET BAKAR DIRI DI CHINA

Seorang gadis Tibet berusia 16 tahun meninggal dunia setelah membakar diri di daerah tempat protes untuk menentang kekuasaan Beijing, media pemerintah China Xin Hua memberitakan, Senin.

Murid Sekolah Dageri tersebut mengorbankan diri di barat laut Qinghai, China, wilayah populasi tertinggi etnis Tibet, sebelum pukul 19.00 waktu setempat, Minggus, demikian laporan Xin Hua.

Tubuhnya dikremasi empat jam kemudian dan dikembalikan ke keluarga, sementara pejabat pemerintah setempat sedang menyelidiki peristiwa tersebut.

Lebih dari 90 orang Tibet membakar diri sejak 2009 sebagai bentuk protes kepada pemerintah dataran tinggi Tibet China. Menurut kelompok Hak Asasi Manusia, frekuensi insiden tersebut meningkat tajam pada November, dan sebagian besar meninggal.

Menurut daftar yang disusun sebuah kelompok HAM yang berbasis di London, kampanye Free Tibet dilakukan oleh gadis-gadis muda Tibet dengan cara membakar diri mereka sendiri.

Xin Hua melaporkan bahwa seorang biarawan dan keponakannya ditahan karena menghasut delapan orang Tibet untuk membakar diri.

Banyak orang Tibet di China menuduh pemerintah melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka, karena mayoritas kelompok etnis Han semakin bergerak ke daerah-daerah yang memiliki sejarah yang minoritas.

Beijing menyangkal tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa orang Tibet menikmati kebebasan beragama. Poin pemerintah yang dibesar-besarkan adalah terus-menerus melakukan investasi dan dikatakan membawa modernisasi dan standar hidup lebih baik ke Tibet. [Louis Koh / Beijing] Sumber: Xinhua

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA