CMB dalam situsnya menggambarkan fasilitas ini sebagai layanan yang menghemat waktu dan energi bagi pasangan. Adalah pengantin baru Xinyan (istri) dan Wenhao (suami) yang menjadi contoh layanan dalam iklan CMB.
Keduanya dikatakan tengah berjuang menabung untuk membeli rumah. Iklan bank CMB mengatakan, "CMB akan memeriksa saldo rekening Wenhao (suami) setiap hari," seperti dilansir AFP di Beijing, Senin (14/1/2013).
Dalam layanan itu, setelah rekening bank si suami atau Wenhao? mencapai lebih dari 1.000 yuan, bank secara otomatis akan mentransfer kelebihannya ke rekening sang istri, Xinyan .
Bank mengatakan sejak pasangan itu mulai menggunakan layanan akumulasi modal CMB itu, Xinyan dan Wenhao telah hidup menjadi lebih baik.
Wanita tradisional di China selama ini memang telah? mengambil alih keuangan rumah tangganya. Tetapi di era modern ini, perubahan sikap telah terjadi, terutama di kalangan kaum muda. Iklan CMB itu salah satu yang memicu kontroversi.
Layanan perbankan tersebut dinilai sebagai pelayanan perbankan paling mengerikan dalam sejarah.
Beijing Daily melaporkan, ada lebih dari 170 ribu tulisan pada subjek tulisan tentang fasilitas bank tersebut seperti di Twitter.
"Layanan CMB terlalu mengerikan. Itu adalah anugerah bagi wanita dan pukulan mematikan bagi pria. Saya mengingatkan kalian kaum laki-laki bahwa Anda tidak harus membiarkan setengah pendapatan masuk ke CMB,'' kata pengguna Twitter.
Pengguna lain menulis: "Saya tidak bisa mengerti bank - apakah itu bermaksud untuk membuat kaum laki-laki di China tidak berdaya atau atau membongkar semua keluarga di China?," ujarnya. [Zhang Li Li / Beijing]
***
Ingat ! Kami beserta Tionghoa seluruh Indonesia menunggu partisipasi Anda mengirim artikel -artikel tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id