INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 28 Desember 2012

CHINA PERTAMA KALINYA OPERASIKAN KERETA BAWAH AIR

China mulai mengoperasikan kereta bawah air pertama yang melintasi Sungai Yangtze, di ibukota Provinsi Hubei, Wuhan, pada Jumat (28/12).

Kereta api bawah air itu melintasi jalur sepanjang sekitar 27 kilometer yang menghubungkan dua kota penting di luar kota Wuhan, yaitu Wuchang dan Hankou, dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

Konstruksi jalur kereta api bawah air pertama itu dibangun enam tahun silam dan telah menjalani uji coba selama tiga bulan terakhir, dengan biaya sekitar US$.2,37 miliar.

Kereta api bawah air itu ditargetkan dapat mengangkut sekitar 5.000 hingga 6.000 penumpang setiap hari hingga 2015.

Sungai Yangtze membentang sepanjang 63 ribu kilometer mulai dari wilayah barat laut China di Provinsi Qinghai menuju bagian Laut  China Timur, dengan melintasi 10 provinsi dan kotamadya.

Pihak Biro Transportasi Wuhan mengatakan keberadaan kereta bawah air tersebut menghubungkan wilayah barat dan timur China. [Wang Lie Fei / Beijing] Sumber: Xinhua

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA