INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 27 April 2012

MAKANAN POPULER PERAYAAN ULTAH DI CHINA

* Persik Panjang Umur

Persik panjang umur, dikenal sebagai Shou Tao dalam Bahasa Mandarin, bukanlah sejenis buah-buahan tetapi adalah bakpao kukus China (sejenis mantou) yang melambangkan keabadian buah persik. Secara tradisional, ini disajikan pada saat perayaan ulang tahun bagi orang tua.

Persik panjang umur dibentuk dan dilukis seperti sebuah persik dalam bentuk yang berbeda, dan diisi dengan krim lotus atau dengan krim kacang merah.

Menurut legenda, pohon persik panjang umur tumbuh di kebun Ibu Suri dari Barat dan pohon tersebut hanya berbuah tiga ribu tahun sekali. Barang siapa yang memakan persik tersebut akan mencapai keabadian.

Karena berasosiasi dengan keabadian, tidaklah heran mengapa banyak orang ingin mencicipinya dan berusaha untuk mencari bentuk dari bakpao yang melambangkan persik keabadian.  Saat ini, makanan tradisional China ini masih dapat ditemukan di toko-toko China dan juga di pasar modern.

* Mie Panjang Umur

Mie panjang umur melambangkan panjang umur dalam kebudayaan China. Karena artinya yang sangat khusus, mie telah menjadi masakan yang popular dalam perayaan ulang tahun dan juga perayaan hari raya lainnya.

Secara tradisional, mie panjang umur dibuat dari adonan tunggal. Adonan tersebut ditarik, dilipat dan ditarik lagi sehingga terbentuk menjadi mie setipis benang. Proses ini tidak akan berhenti hingga akhirnya menghasilkan ribuan helai mie.

Ketika anda memakannya, cobalah untuk tidak memutuskan mie yang anda makan, karena dipercaya bahwa mie yang anda makan semakin panjang, umur Anda juga akan semakin panjang. [Louis Koh / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA