INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 24 Februari 2012

CHINA PULANGKAN 9 WARGA KOREA UTARA

China dilaporkan telah memulangkan kembali sembilan warga Korea Utara yang melarikan diri ke negara itu. Sikap China itu sekaligus menolak permohonan Korea Selatan yang memohon agar China tidak memulangkan sembilan warga Korut itu dan memperlakukan mereka sebagai pengungsi.

"Sembilan warga Korea Utara telah dipulangkan kembali ke negaranya pada akhir pekan lalu," ujar Surat Kabar Korea Selatan JoongAng Ilbo seperti dikutip media Jumat, (24/2/2012).

Para aktivis yang menggelar aksi protes terhadap tindakan Pemerintah China di Seoul Korea Selatan mengatakan, jika dipulangkan warga Korut tersebut akan terancam hukuman berat atau bahkan hukuman mati.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri dan anggota parlemen Korsel telah mendesak Pemerintah China untuk mengubah kebijakan mereka dengan memperlakukan pengungsi Korut sebagai migran ekonomi dan memberikan status pengungsi terhadap mereka.

"Pengungsi dari Korea Utara harus diperlakukan sesuai dengan aturan internasional. Kami akan mencari dukungan dari PBB untuk memecahkan masalah ini," ujar Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak.

Pemerintah China dilaporkan telah menangkap sekira 30 pengungsi asal Korut. Keseluruhan dari mereka tengah menunggu proses pemulangan saat ini. Sementara itu keluarga mereka yang berada di Korsel mendesak Pemerintah Korsel untuk menyelamatkan keluarga mereka.

Lebih dari 21.700 warga Korea Utara telah melarikan diri ke Korsel sejak perang meletus antar kedua negara pada 1950 hingga 1953. Mereka biasanya melarikan diri dengan berjalan kaki ke China, sesekali bersembunyi dan kemudian melakukan perjalanan ke negara ketiga untuk mencari pemukiman baru di wilayah Selatan. [Louis Koh / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA