INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 28 Mei 2012

DOKTER CHINA BIKIN SOFTWARE PREDIKSI PENYAKIT DARI FOTO LIDAH

Para peneliti telah mengembangkan software baru yang dapat memprediksi kondisi kesehatan seseorang hanya dengan melihat foto lidahnya. Metode ini bisa menjadi langkah yang unik untuk tindakan pencegahan penyakit.

Ide pengembangan software ini berasal dari pengobatan China kuno yang didasarkan pada keseimbangan aliran energi dalam tubuh yang disebut Zheng. Penelitian lain dari PubMed mengatakan bahwa pola panas dan dingin dalam pengobatan China ini berkaitan dengan proses pemecahan protein yang berbeda di dalam tubuh.

"Mengetahui klasifikasi zheng dapat berfungsi untuk memprediksi dan membantu mencegah penyakit. Ketidakseimbangan zheng bisa menjadi peringatan akan adanya penyakit. Software kami menjembatani kedokteran Timur dan Barat," kata peneliti, Dong Xu, ketua departemen ilmu komputer University of Missouri seperti dilansir Medical Daily, Senin (28/5/2012).

Dalam setahun ini, Xu ingin membuat aplikasi untuk smartphone yang akan memungkinkan orang untuk mengambil foto lidahnya dan mempelajari kondisi zheng-nya sendiri.

"Zheng panas dan zheng dingin tidak merujuk langsung ke suhu tubuh. Namun mengacu pada seperangkat gejala yang berhubungan dengan keadaan tubuh secara keseluruhan. Software kami mampu mengklasifikasikan orang berdasarkan status zhengnya," kata rekan peneliti, Ye Duan, profesor ilmu komputer di University of Missouri.

Dalam penelitian yang dimuat jurnal Evidence Based Complementary and Alternative Medicine, Xu dan Ye Duan menganalisis foto lidah dari 263 orang pasien gastritis dan 48 orang relawan sehat. Peserta yang mengidap gastritis atau radang selaput perut ini digolongkan berdasarkan intensitas gejalanya dan jenis infeksi bakteri tertentu.

Sebagian besar pasien gastritis diketahui memiliki klasifikasi zheng panas dan dingin. Hal ini akan memungkinkan para peneliti memverifikasi keakuratan analisis software. Sayangnya, peneliti belum dapat memastikan apakah softwarenya ini dapat diakses secara gratis atau tidak.

"Kami berharap setiap orang dapat menggunakan alat ini di rumah lewat webcam atau aplikasi smartphone sehingga dapat memantau zheng-nya sendiri dan mendapatkan peringatan dini tentang penyakit yang mungkin dimiliki," kata Xu. [Miao Miao / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA