INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 14 Desember 2012

JACKIE CHEN MINTA UNJUK RASA DI HONG KONG DITUMPAS

Artis film laga asal China, Jackie Chen, 58 tahun, menyarankan pemerintah China untuk menumpas aksi protes yang kerap dilakukan oleh warga Hong Kong. Menurutnya aksi protes itu sudah sangat menganggu dan memprovokasi pemerintah China untuk melakukan tindakan keras.

"Hong Kong sudah menjadi kota protes," kata Chen seperti diberitakan surat kabar China, Southern People Weekly baru-baru ini.

Artis film Kungfu terkenal ini menuding warga Hong Kong memprotes apa saja yang bertentangan dengan mereka. Oleh karena itu, ujarnya, pemerintah seharusnya mengatur isu-isu apa saja yang boleh diprotes dan isu apa saja yang dilarang untuk diprotes.

Pernyataan Chen membuat warga Hong Kong marah besar. "Chen tidak mengerti mengapa warga Hong Kong memilih turun ke jalan-jalan. Dia cenderung hanya membenarkan apapun yang dilakukan oleh pemerintah,' ujar Leung Man-tao, penulis Hong Kong kepada harian South China Morning Post.

"Protes merupakan hak dasar warga Hong Kong," tulis Cao Junshu di mikroblog Weibo. Chen, ujarnya, bermasalah dengan moral dan pemikiran warasnya dan "bermulut ember."

Sebelumnya, ucapan Chen juga telah membuat pamornya jatuh di mata publik. Pasalnya di satu forum pertemuan di China, Chen memberikan jawaban atas pertanyaan forum tentang kebebasan. "Saya tidak tahu apakah lebih baik memiliki kebebasan atau tidak. Terlalu bebas, akan menimbulkan kekacauan yang sangat. Rakyat China perlu diawasi, jika tidak mereka akan melakukan apa saja yang mereka mau," ujarnya memberikan jawaban.

Baru-baru ini warga Hong Kong menggelar aksi protes menolak rencana pemerintah China memberlakukan mata pelajaran tambahan tentang pendidikan nasional dan moral kepada murid-murid di sekolah. [Eleven Yang / Hong Kong]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA