INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 20 Januari 2013

KABEL BAWAH LAUT CHINA-TAIWAN SELESAI DIBANGUN

Dua perusahaan telekomunikasi China bergabung dengan empat perusahaan di Taiwan membangun kabel bawah laut US$. 34,5 miliar yang melintasi selat Taiwan.

Jalur komunikasi sepanjang 270 kilometer dari Taipei ke Fuzhou di China itu dibangun dalam waktu lebih dari empat tahun. Kerja sama ini merupakan hubungan perdagangan yang pertama kali di antara kedua pesaing politik itu.

Dengan selesainya pembangunan kabel itu pada 18 Januari, hubungan telepon, data, dan internet diperkirakan menjadi lebih jelas dan cepat, peningkatan luar biasa dalam bisnis komunikasi yang melambung akhir-akhir ini.
 
Wakil Menteri Perhubungan Taiwan Yeh Kuang-shih mengatakan pemerintahnya menginginkan saluran pengiriman data, karena hubungan penerbangan, pelayaran, dan hubungan-hubungan lainnya telah dibuka di antara kedua pihak.
 
Ia mengatakan, satu hal yang masih belum dibuka adalah pengiriman data. Yeh mengatakan kementeriannya mengamati meningkatnya hubungan budaya, sosial, dan ekonomi antara Taiwan dan China, jadi arus data penting.

Operator-operator telekomunikasi setempat mengatakan pada Agustus, kedua pihak memulai pengiriman data langsung dengan kabel serat optik yang menghubungkan pulau Kinmen yang dikuasai Taiwan dengan kota Xiamen di China.
 
CEO Mobile China Li Yue mengatakan pendapatan besar penyedia layanan komunikasi China dari Taiwan naik hampir 40 persen dalam 11 bulan pertama tahun lalu dan jumlah pengguna layanan itu Taiwan naik 15 persen.
 
Ia mengatakan perusahaannya akan membuka layanan kabel serat optik ini dan memperluasnya serta menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi bisnis dan pengguna telepon selular di kedua negara.
 
Hubungan komunikasi yang dinamai Fiber Optic Cable No1 juga menarik perusahaan-perusahaan telekomuniasi dari Amerika, Sekelompok operator Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, perusahaan-perusahaan dari luar kawasan itu juga bisa menggunakan saluran kabel dari Taiwan sebagai pintu masuk ke China, yang membatasi akses dari luar negeri.
 
Para operator Taiwan mengatakan komunikasi tidak lagi lamban dibandingkan dengan jalur yang ada ke China melalui Jepang atau Korea Selatan. [Miao Miao / Beijing]

--
Berita | Internasional | Budaya | Kehidupan | Kesehatan | Iptek | Kisah | Kontak

BACA DIBAWAH INI

Di bagian bawah artikel ini kedepan akan ditampikan iklan-iklan baris Maksimal 100 huruf dengan tarif Rp.5.000,- per artikel (Min.100 artikel) dan bagi yang berminat bisa kontak email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA