INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 25 Maret 2012

SARJANA CHINA MATI KELAPARAN DI RUMAHNYA

Persaingan kerja yang ketat di China membuat Wang Xiaolin, 42 tahun, jadi pengangguran. Ia tidak pernah bekerja sejak dia lulus lebih dari 10 tahun yang lalu. Akhir pekan lalu, dia meninggal di rumahnya, diduga karena kelaparan.

Dia terakhir terlihat pada tanggal 5 Maret oleh seorang guru sekolah dasar di desanya di Shiyan, Provinsi Hubei. "Saya berjalan melewati rumah dan memberinya rokok. Dia sangat-sangat kurus," kata guru Liu.

Seminggu kemudian, para tetangganya mulai curiga karena lama tidak melihat Wang. Liu pergi ke rumah itu untuk memeriksa dan menemukannya tewas di tempat tidur. "Dia belum makan apapun selama beberapa hari dan kemungkinan besar ia meninggal karena kelaparan," kata seorang warga.

Seorang tetangga, Xionghou, menyatakan Wang ditugaskan untuk mengajar di sekolah menengah setelah lulus dari universitas pada tahun 1995. Tapi itu hanya sebentar dan ia kembali menganggur.

Ibunya yang malu memiliki anak pengangguran kemudian memutuskan tinggal dengan putrinya. Sejak saat itu, Wang hidup sebatang kara.

Tetangganya mengatakan Wang terlalu malas untuk melakukan apapun dan hanya berkeliaran di sekitar desa sehari-harinya. "Ketika ia lapar, ia memetik beberapa sayuran, jagung, atau kacang dari tanah pertanian kami dan memakannya mentah-mentah. Jika ia terlalu lapar, ia makan buah-buahan mentah di pohon," katanya.

Liu menyatakan Wang adalah seorang mahasiswa cerdas. Ia memenangkan tempat ketiga dalam kompetisi matematika tingkat provinsi," kata pensiunan guru itu. Namun, kemalasan dan sikap gampang menyerah membuat masa depannya terengut. [Li Xing Yi / Shanghai]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA