INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Senin, 09 April 2012

CHINA GEMPUR KARIBIA

Pemerintah dan taipan China terus "menggempur" kawasan Karibia melalui jalur investasi.
Pertumbuhan pesat ekonomi China di tengah krisis ekonomi yang melanda Eropa dan Amerika Serikat membuka jalan bagi negeri itu untuk mencoba peluang di pasar baru. Kepulauan Karibia di kawasan Amerika Tengah adalah salah satu tujuan investasi itu.

Baru-baru ini, sebuah stadion senilai USD 35 juta atau setara Rp 318,6 miliar, baru saja dibuka di Kepulauan Bahama. Bangunan itu merupakan hadiah dari pemerintah China seperti dikutip The New York Times.  
Selain itu, bagian lain dari Karibia, Dominika, juga mendapat untung dari ekspansi China. Mereka kini punya sekolah grammar baru, rumah sakit yang direnovasi, dan stadion olah raga.

Pembangunan lain juga dipersiapkan di Antigua dan Barbados. Dalam waktu dekat, kedua negara itu akan memiliki sebuah pembangkit listrik, stadion kriket, dan sekolah.

China agaknya tak ingin tanggung-tanggung untuk masuk ke Kepulauan Karibia. Bank-bank pemerintah tak henti mengguyur utang. Banyak perusahaan siap menanamkan modal. Pemerintah China tak sungkan pula membangun stadion, jalanan, kantor pemerintah, pelabuhan, dan resor sebagai hadiah.

Tahun lalu, China berjanji akan meminjamkan dana segar senilai USD 6,3 miliar atau sekira Rp 57,3 triliun kepada pemerintah Kepulauan Karibia.

Keberadaan China di sana tentu saja membuat gerah pemerintah Amerika Serikat (AS). WikiLeaks pernah menyiarkan bocoran kawat diplomatik AS yang menyatakan kekhawatiran besar negeri Paman Sam itu atas gerakan China di Karibia, seperti ditulis New York Times.

"Saya tak merasa khawatir. Tapi, pemerintah Amerika Serikat harus selalu mengawasinya," kata Dennis C Shea, Ketua Komisi Ulasan Keamanan dan Ekonomi Amerika-China.

China tetap kukuh dengan ekspansi mereka. Beberapa minggu belakangan, sebuah Bank pemerintah setuju menggelontorkan USD 41 juta demi pembangunan pelabuhan dan jembatan. Selain itu, sebuah bangunan Kedutaan Besar China tengah didirikan di pusat kota. [Miao Miao / Beijing]

* Bebas berbagi pesan http://www.facebook.com/chinese.indo

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA