INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 08 April 2012

FANG LIZHI, PEMBANGKANG CHINA MENINGGAL DI AMERIKA

Tokoh pergerakan pro-demokrasi China, Fang Lizhi, meninggal di Tucson, Arizona, Amerika Serikat. Tapi tak dijelaskan penyebab kematian Lizhi.

Wang Dan, teman seperjuangan Lizhi, mengatakan, dirinya mendapat kabar kematian Lizhi dari istrinya. Sesaat kemudian, dia menyebar kabar itu lewat laman Facebook.

Fang diberikan perlindungan di Kedutaan Besar AS di Beijing selama satu tahun setelah protes dan dipaksa ke pengasingan pada 1990. Dia diberhentikan dari pekerjaannya sebagai wakil rektor dari Universitas Sains dan Teknologi China karena memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia secara terbuka di Tiananmen.

Wang menulis, Fang yang berusia 76 tahun, "telah mengilhami generasi '89 dan terbangunnya kerinduan masyarakat terhadap hak asasi manusia dan demokrasi.

Ratusan, mungkin ribuan, diyakini telah meninggal ketika pemerintah China mengirimkan tank-tank dan tentara untuk membersihkan Lapangan Tiananmen Beijing pada 3-4 Juni 1989, membawa akhir kekerasan untuk protes yang berlangsung enam minggu itu.

Satu putusan resmi setelah protes yang disebut mereka "pemberontakan kontra-revolusioner" meskipun itu kata-kata pemerintah telah melunak. [Miao Miao / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA