INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 24 April 2012

KOTA CHONGQING BUKA PERPUSTAKAAN MANUSIA

Tanggal 23 April adalah Hari Baca Buku Sedunia. Sebagai sambutan terhadap hari tersebut, sebuah perpustakaan manusia dibuka di kota Chongqing, Tiongkok barat. Di perpustakaan itu tidak ada buku, yang ada hanya manusia, di sini pengunjung bisa "meminjam dan membaca" pengalaman manusia secara gratis. Di negara-negara Eropa dan Amerika, banyak perpustakaan secara berkala mengundang sejumlah orang yang memiliki banyak pengalaman untuk berbagi dengan pembaca kisah-kisah mereka. Komunikasi yang menarik, sejati dan mudah itu disebut sebagai "perpustakaan manusia".

Perpustakaan manusia di Chongqing itu terdiri dari ruang-ruang baca yang masing-masing dihias dengan gambar besar "buku manusia" serta perkenalan tentang dirinya, setiap ruang baca bisa menampung 7 sampai 8 pembaca, mereka bisa berkomunikasi langsung dengan "buku manusia" tersebut.

"Buku manusia" yang dapat "dibaca" pengunjung di perpustakaan itu Senin lalu adalah warga kota Chongqing yang menyimpan banyak cerita menarik, salah satunya adalah Pu Hongbing, seorang pakar penyidik kriminal, ia mempunyai banyak cerita, tak ubahnya sebuah buku detektif. Selain itu, tedapat seorang dokter forensik, seorang pelancong yang telah melanglang buana, seorang pemakan enak, mahasiswa yang kuliah di luar negeri, dan seorang penyandang cacat yang berhasil memberdayakan diri.

Pembaca yang pertama kali mengunjungi perpustakaan itu merasa telah belajar banyak dari berkomunikasi dengan "buku-buku manusia" itu, jauh lebih menarik daripada membaca buku. Selain mendengar, pembaca juga bisa bertanya dan langsung ditanggapi. Banyak pembaca mengusulkan perpustakaan mengundang lebih banyak orang yang mempunyai cerita menarik dan bermanfaat sebagai "koleksi buku perpustakaan", agar pembaca mempunyai lebih banyak pilihan untuk berbagi pengalaman hidup mereka yang beragam. [Louis Koh / Beijing]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA