INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 08 Desember 2011

INVESTASI CHINA TERUS MENINGKAT

Forum bisnis Indonesia - China yang diprakarsai pengusaha Tionghoa bekerjasama dengan pemerintah Indonesia ternyata membawa dampak ekonomi yang signifikan. Tak hanya suburnya investasi China di Indonesia, tetapi semakin banyak pengusaha di tanah air yang mengimpor barang-barang ke Negeri Tirai Bambu. Jen Susila (45) salah satunya.

Perempuan yang sudah sepuluh tahun mengembangkan bisnis garmen itu mendapat banyak pesanan dari pengusaha China. "Kalau yang mau bertransaksi dari Indonesia, biasanya produsen asal China langsung percaya.

Itu karena hubungan dagang diantara kedua negara berlangsung cukup baik," ungkapnya. Penambahan volume perdagangan diakuinya cukup tinggi.

Itu tentu saja menguntungkan baginya dan pengusaha mikro serta menengah lainnya. "Jumlah pedagang seperti kami ini kan banyak. Setiap hari perputaran uangnya cukup banyak karena kami berdagang baik sebagai agen maupun langsung kepada end user," katanya.

Kelancaran bertransaksi pun diakui Lie Mei Hwa (50). Pengusaha China sering menambah barang di luar jumlah pesanan sebagai bonus.

"Saya melihat, mereka (pengusaha China, Red) memandang Indonesia sebagai pasar potensial karena daya beli masyarakat Indonesia rata-rata masih cukup tinggi. Dan pasar Indonesia cukup welcome terhadap barang-barang China karena harganya yang terjangkau," terangnya.

Banyaknya forum bisnis yang selenggarakan komunitas Tionghoa, lanjut Lie, membuka gerbang perdagangan Indonesia-China semakin luas. Sementara mengenai imbas ASEAN China Free Trade Area (ACFTA), dia enggan berkomentar banyak. "Pengusaha Indonesia harus bersaing dengan produsen luar," pungkasnya. [Sizi Li / Jakarta / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA