INTERNASIONAL | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 06 Januari 2012

PERANGKO NAGA CHINA MENUAI KRITIKAN

Meski mengundang protes, prangko naga dilaporkan habis terjual di sejumlah kantor pos. Sebuah prangko di China mengundang protes karena bergambar seekor naga yang memiliki ekspresi "kejam".

Seorang penulis China mengatakan dia sampai takut "setengah mati" ketika melihat gambar hewan rekaan yang bercakar, bersisik dan memperlihatkan giginya. Kantor Pos China, yang memproduksi prangko bersikukuh bahwa gambar itu merupakan kombinasi yang sempurna antara masa lalu dan modernitas.

Perancang prangko mengatakan gambar yang kuat dibutuhkan untuk sebuah mahluk yang sangat kuat ini.

"Dalam keseharian masyarakat, naga dipercaya untuk mengusir roh jahat, mencegah bencana dan memberikan berkat, jadi kami butuh gambar yang kuat," kata Chen Shaohua seperti dikutip dari China Daily.

Tetapi, pemberitaan media dan masyarakat yang memberikan komentar lewat situs jejaring sosial mengatakan gambar naga itu tidak pantas dan terlalu kejam.

Ternyata, perdebatan tentang ekspresi naga yang dianggap terlalu kejam itu, tidak menghentikan masyarakat untuk membeli prangko tersebut. Sejumlah kantor pos menyatakan prangko naga habis di hari pertama penjualan.

"Ini pantas untuk dibeli. Rancangannya bagus," kata salah seorang kolektor diluar kantor pos Beijing, kepada kantor berita Associated Press.

Naga menjadi simbol kekuasaan kekaisaran China selama beberapa abad. Prangko China pertama digunakan pada 1878 ketika Dinasti Qing menerbitkan prangko Naga Raksasa.

Naga menjadi simbol tahun 2012. China dan warga China diseluruh dunia akan merayakan tahun baru pada 23 Januari nanti. [Mio Miao / Beijing / Tionghoanews]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KEHIDUPAN

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA